Selasa, 25 Januari 2011

KOMPUTER TERCANGGIH SAAT INI ADA DI CHINA

Dulu komputer tercepat di dunia masih di pegang oleh America tapi anda salah jika masih menganggap negeri paman sam itu masih memegang predikat tersebut karena sekarang komputer tercepat berada di asia tepatnya di china dan nama komputer tersebut ialah "Tianhe-1A" dan komputer ini memiliki kecepatan 40 kali lebih cepat di bandingkan dengan komputer tercepat milik America dan mampu menobatkan nya sebagai komputer supercepat saat ini, karena dia mampu melakukan kalkulasi 2000 triliun perdetiknya. Jangan kaget karena komputer ini dana pembuatan nya tidak murah yaitu dengan Lima Puluh Juta Euro dan mempekerjakan dua ratus teknisi dengan dua tahun masa pengerjaannya. Komputer Tianhe-1A juga harus menggunakan 103 buah pendingin.

Tianhe-1A mampu mencapai kecepatan hingga 2507 petaflop yang melebihi saingannya terdahulu The Cray XT5 Jaguar milik departemen energi Amerika Serikat.
Sebutan Tianhe1A sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti dalam bahasa Indonesia adalah Bima Sakti. Tianhe-1A apabila dibandingkan dengan komputer biasa yang ada dipasaran saat ini unggul diatasnya dengan kemampuannya 14000 kali power dalam pemrosesan data.
Jumlah prosesor grafisnya berjumlah 7000 buah sama dengan jenisnya yang biasa digunakan untuk bermain video games di komputer biasa, dengan 7000 buah grafis prosesor maka bisa dibayangkan bagaimana kecepatannya.


Fungsi Tianhe 1A bagi Cina dipergunakan untuk badan meteorologi dan geofisika miliknya. Dengan spesifikasinya adalah untuk melihat mempelajari cuaca di Cina. Selain itu digunakan juga untuk mampu membantu meningkatkan perkembangan industri minyak.
Selain itu investor perdagangan saham di wallstreet juga mempergunakannya untuk memproses 24 jam perdagangannya menggunakan bantuan komputer supercepat sejenis Tianhe-1A. Bukan tidak mungkin sebentar lagi mereka akan memesan komputer Tianhe 1A ini. Posisi Amerika Serikat akan sangat dilematis ke depannya apabila ini benar-benar terjadi dan Cina akan beralih menjadi pusat teknologi dunia.




Ditulis Oleh : Mr. boy // 09.46
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar